Apa itu GPS ?

Apa itu GPS ?

Portaldepok | Apa itu GPS ? Apa itu dan bagaimana cara kerjanya ? Bagi kamu yang belum tahu, GPS adalah singkatan dari Global Positioning System. Ini adalah metode untuk menemukan penerima di mana saja di Bumi atau di orbit, dan mungkin merupakan salah satu penemuan terpenting abad ke-20. GPS dapat digunakan dalam berbagai cara sehingga teknologi baru terus dikembangkan dan ditingkatkan untuk memanfaatkannya. Sekarang mengapa GPS begitu penting dan berguna? Pertama, kita harus memahami cara kerjanya.

Untuk operasinya, jaringan satelit yang mengorbit bumi digunakan. Masing-masing satelit mentransmisikan sinyal tertentu, yang diterima oleh antena murah dan ditransmisikan ke perangkat GPS di mana ia kemudian diterjemahkan dan digunakan oleh perangkat lunak khusus. Informasi yang diperoleh dari sinyal-sinyal ini memungkinkan perangkat lunak GPS untuk mengidentifikasi satelit, lokasi spesifiknya dan bahkan menghitung waktu yang tepat yang diperlukan sinyal untuk melakukan perjalanan dari satelit ke penerima. Menggunakan sinyal yang berbeda dari satelit yang berbeda, perangkat lunak GPS sekarang dapat menganalisis posisi penerima, dalam hal garis lintang dan garis bujur.

Bahkan mendapatkan informasi tentang lokasi penerima tidak akan berguna tanpa sesuatu untuk membandingkannya. Di sinilah pemetaan berguna melalui ini, GPS dapat menganalisis lokasi kami dan memetakan kemungkinan rute. Kenyataannya, data pemetaanlah yang membuat perangkat GPS menjadi mahal. Ini harus diperbarui secara teratur dan sering agar akurat.

Berbagai jenis peta dibuat untuk pengguna yang berbeda. Pengguna jalan membutuhkan peta yang berisi data akurat tentang sistem jalan di wilayah tertentu, tetapi mereka tidak memerlukan data tentang tata letak lahan. Pendaki, bagaimanapun, mungkin memerlukan peta yang lebih rinci dari medan lokal, titik air, dan trek atau jalan setapak, tetapi tidak memerlukan informasi ekstensif tentang sistem jalan. Di sisi lain, pelaut akan membutuhkan data spesifik tentang dasar laut, saluran yang dapat dilayari, dan informasi terkait lainnya yang memungkinkan mereka bernavigasi dengan aman.

Dan para nelayan? Mereka juga menggunakan GPS laut untuk melacak pergerakan ikan secara real time dan memprediksi di mana mereka akan berada keesokan harinya. Faktanya, memancing kooperatif menjadi lebih mudah dengan GPS, memungkinkan kapal untuk saling menyiarkan lokasi saat mereka mencari tempat memancing terbaik. Ada juga perangkat GPS yang disebut “pencari ikan”, yang menggabungkan fungsi GPS dan sonar untuk melacak dan menyimpan informasi memancing dan navigasi yang terperinci.

Mulai dengan GPS: Konsumen dapat menggunakan berbagai perangkat GPS yang dirancang khusus untuk berbagai kegunaan dan fungsi. Sistem dalam mobil memiliki fitur-fitur canggih seperti panduan suara, perhitungan rute dinamis, dan bahkan memperbarui peta Anda dari CD-ROM. Perangkat GPS genggam yang kokoh, seperti dari Garmin dan Magellan, memiliki peta di dalamnya dan biasanya digunakan untuk aktivitas di luar ruangan. Mereka tidak memiliki informasi jalan yang rinci dan pengguna harus mencari jalan sendiri dari titik A ke titik B tanpa perhitungan rute.

Baru-baru ini, PDA dan bahkan beberapa ponsel canggih telah memasukkan teknologi GPS ke dalam sistem mereka sendiri. Penerima GPS dapat dengan mudah dipasang ke perangkat ini, menjadikannya penerima GPS termurah dan termudah untuk digunakan di pasaran saat ini. Teknologi Bluetooth juga mulai memanfaatkan GPS, menggunakan perangkat PDA tunggal yang terhubung secara nirkabel ke beberapa penerima.

Leave a Reply

Your email address will not be published.