Breaking News
apa itu investasi

Pengertian Apa itu Investasi, Cara Kerja, Jenis dan manfaatnya

Apa Itu Investasi – halo sobat! Kerap kali terdengar di telinga kita banyak orang yang membahas apa itu investasi. Banyak orang-orang yang menyebutkan jika investasi ini menguntungkan dan ada pula sebagian yang mengatakan jika investasi adalah hal yang sia-sia saja. Itu semua sah-sah saja dan benar adanya.

Lalu, sebenarnya apa itu investasi? Apa pengertian, cara kerja, jenis dan manfaatnya?

Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Apa itu investasi hingga manfaat yang bisa didapat dengan mengikuti investasi ini Baik online maupun langsung.

Mari simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu Investasi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) investasi merupakan penanaman uang atau modal dalam sebuah perusahaan atau proyek dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Sedangkan menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) investasi merupakan sebuah aktivitas penanaman modal yang umumnya dilakukan dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva tetap atau pembelian saham-saham serta surat berharga lainnya untuk mendapatkan keuntungan (investment).

Jika didefinisikan secara panjang Apa itu investasi yaitu sebuah aktivitas untuk menempatkan modal bisa berupa uang ataupun aset berharga lainnya ke dalam suatu benda atau pihak tertentu. Bagi para investor investasi nantinya diharapkan bisa memberikan keuntungan dari modal yang ditanam setelah waktu yang ditetapkan selama penanaman modal.

Investasi sendiri berasal dari bahasa Itali, investire yang memiliki arti menggunakan atau memakai. Ketika Para investor menanamkan modal maka modal tersebut nantinya akan dikelola oleh badan pengelola modal tersebut. Tentu saja untungnya di kemudian hari akan dibagikan kepada investor sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati antara kedua belah pihak.

Cara Kerja Investasi

Jika kamu sudah paham Apa itu investasi maka kamu bisa mulai memperhatikan Bagaimana cara kerja investasi ini. Pada awalnya investasi dilakukan dengan cara mengharuskan para investornya untuk melakukan administrasi yang cukup sulit atau rumit. Berbeda dengan saat ini, investasi sudah bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan tidak perlu mengeluarkan modal yang besar sehingga kamu tidak perlu takut akan mengalami kerugian. Misalnya saja kamu bisa melakukan investasi dengan cara investasi produk di e-commerce seperti Reksadana ataupun emas.

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai investasi yang aman dan tepat adalah dengan cara mengikuti saran kami di bawah ini.

Pilih tempat investasi yang tepat

Maksud dari memilih tempat investasi atau platform yang tepat yaitu dengan cara melihat terlebih dahulu Apakah platform tersebut resmi atau ilegal. Karena saat ini banyak investasi bodong yang memakan banyak korban.

Menanamkan pola pikir yang tepat

Yang kedua yaitu kamu bisa mulai mengubah mindset kamu untuk melakukan investasi agar menjadi mapan dengan selalu mencari tahu bagaimana cara berinvestasi yang tepat. Kemudian kamu dituntut untuk memiliki sifat yang optimis agar kamu tidak mudah menyerah karena menanamkan modal dengan cara berinvestasi Harus Memiliki jiwa yang berani mengambil risiko. Ada presentasi yang mengatakan jika kesuksesan dipengaruhi oleh 80% pola pikir dan skill 20%. Artinya pola pikir adalah hal utama yang harus dimiliki oleh orang yang akan berinvestasi.

Jangan sekali-kali mengabaikan inflasi

Seorang investor sangat dituntut untuk tidak mengabaikan inflasi yang terjadi sewaktu-waktu ketika kita sedang melakukan penanaman modal. Apalagi jika investasi yang kita lakukan adalah investasi jangka panjang.

Ada satu cara yang bisa dilakukan untuk menyaingi invasi ini yaitu dengan investasi saham atau reksa dana. Meskipun demikian investasi saham sendiri akan memberikan kemungkinan keuntungan yang paling besar secara konsisten.

Membagi modal

Berikutnya yaitu kamu bisa melakukan terealisasi dengan membagi modal yang kamu miliki ke beberapa aset atau bisa juga disebut dengan diversifikasi. Tujuan dari membagi modal ini sendiri yaitu untuk mencegah kegagalan secara menyeluruh atau kegagalan total apabila nantinya salah satu aset yang kamu punya mengalami kerugian. Dengan begitu apabila kamu masih memiliki aset lain yang masih menguntungkan maka beban yang akan kamu rasakan tidak terlalu besar.

Pilihlah jenis investasi yang tepat

Maksud dari memilih jenis investasi yang tepat yaitu kamu harus mengetahui kemampuan dan tujuan kamu dalam melakukan investasi. Kemampuan yang dimiliki bukan hanya skill tetapi juga finansial. Kamu bisa memahami jenis-jenis investasi tersebut dengan membaca dan mencermati dengan tepat serta mengambil tindakan yang dirasa lebih tepat.

Mulai dari investasi kecil

Jika kamu merupakan orang baru yang akan bergabung dengan dunia investasi maka kamu sangat disarankan untuk memulai investasi dengan investasi yang kecil terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar kamu bisa menumbuhkan rasa percaya diri serta menghindari kerugian besar karena kamu merupakan seorang investor pemula.

Jangan berlebihan

Ketakutan terbesar setiap investor pemula adalah gagalnya investasi atau kehilangan uang dari modal yang sudah ditanam tersebut. Terlalu berlebihan dalam berinvestasi bisa mengubah mental serta psikologis khususnya bagi para investor pemula. Maka dari itu kamu jangan mudah tertipu dengan hal-hal yang sekiranya belum benar dan agak berlebihan untuk dilakukan.

Jenis-jenis investasi

Memahami apa itu investasi serta bagaimana cara kerjanya saja belum cukup untuk memenuhi seluruh pengetahuan mengenai investasi itu sendiri. Ada banyak jenis investasi yang ada di Indonesia.

Yaitu investasi properti, deposit, Syariah, cryptocurrency, emas, saham, reksadana, obligasi, valuta asing dan sebagainya.

Ada pula jenis investasi yang dilihat berdasarkan jangka waktunya yaitu ada investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang.

Investasi jangka pendek adalah investasi yang dilakukan dalam kurun waktu 3 tahun untuk mendapatkan keuntungan dan langsung dikonversikan dengan uang atau dijual kembali. Sedangkan investasi jangka panjang yaitu investasi yang memerlukan waktu lebih dari 3 tahun untuk menerima keuntungan dari modal yang ditanam. Waktu yang dibutuhkan untuk investasi jangka panjang ini sendiri yaitu mulai dari 5 tahun hingga puluhan tahun lamanya.

Manfaat Investasi

Manfaat yang bisa kamu dapat dari Apa itu investasi sangat banyak sebenarnya. Orang-orang yang mengalami kerugian adalah mereka yang mengikuti investasi bodong dan ilegal atau tidak terdaftar secara resmi di OJK. Adapun manfaat investasi yaitu:

  1. Bisa meningkatkan aset
  2. Bisa memenuhi kebutuhan di masa depan
  3. Investasi merupakan gaya hidup yang hemat
  4. Menghindari hutang

Akhir Kata

Pengertian Apa itu investasi, cara kerja, jenis serta manfaat yang bisa didapat dari investasi sudah kami jelaskan secara singkat di atas. Apa itu investasi bagaimana cara kerjanya, apa saja jenis-jenisnya dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari investasi ini sangat banyak dan bisa berpengaruh juga terhadap kehidupan di masa yang akan datang. Tidak ada salahnya jika kalian ingin memulai sebuah investasi, tetapi dengan catatan harus dengan pengetahuan yang mumpuni.

Jangan lupa share artikel Apa itu investasi ke teman-teman kamu dan jangan lupa memberikan kita saran dan membangun. Terimakasih, semoga artikel ini membantu !

Leave a Reply

Your email address will not be published.